1. Secara periodik bagian keuangan akan memberikan voucher pengeluaran bank atas pembayaran pembelian aktiva tetap kepada bagian akuntansi, disamping itu secara periodik juga bagian logistik akan membuat laporan penerimaan aktiva tetap setiap bulannya dan akan diberikan ke bagian akuntansi.
2. Berdasarkan voucher pengeluaran bank dan laporan penerimaan barang tersebut bagian akuntansi akan melakukan input jurnal aktiva tetap pada sistem dan melakukan update data aktiva tetap pada laporan aktiva tetap.
3. Setelah melakukan update laporan aktiva tetap maka bagian akuntansi akan melakukan perhitungan besarnya penyusutan aktiva tetap setiap bulannya, yang kemudian akan diinput ke sistem dengan jurnal penyusutan dan akumulasi penyusutan atas aktiva tetap tersebut.
4. Setelah input jurnal penyusutan dan akumulasi penyusutannya maka dilakukan proses posting pada sistem untuk mendapatkan saldo masing-masing aktiva tetap dan saldo masing-masing penyusutan dan akumulasi penyusutannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar