Tas merupakan salah satu aksesoris yang
paling sering digunakan dan dibutuhkan banyak orang; pria atau wanita,
orangtua, dewasa, remaja, maupun anak-anak. Fungsi dan jenis tas pun
sangatlah beragam untuk setiap penggunaannya. Atas dasar itulah
pembuatan tas dapat menjadi peluang bisnis. Anda dapat mempelajari
bisnis dimulai dengan menilik peluang bisnisnya dan aneka jenis usaha
yang telah dijalankan orang lain. Selain menjadi aksesoris pelengkap
penampilan seseorang, tas sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Tas
digunakan untuk membawa barang dengan beragam ukuran. Apa jadinya jika
tidak ada tas? tentu manusia akan sangat repot jika harus membawa
beragam benda dalam satu waktu apalagi sambil menempuh perjalanan ke
tempat berbeda. Tas memangbenar-benarbermanfaat bagi setiap orang untuk
mempermudah dalam beraktivitas. Tas dapat dipergunakan untuk membawa
pakaian, barang belanjaan, buku, dan lain-lain.
Tidak ada yang tahu persis kapan tas ini tercipta. Sejak zaman purba,
tas memang sudah digunakan, meskipun bentuknya masih sangat sederhana,
sebuah anyaman yang menyerupai keranjang. Mengikuti perkembangan Zaman,
jenis tas menjadi sangat bervariasi. Tas yang dapat digendong di
punggung disebut ransel. Tas besar untuk memuat pakaian disebut koper.
Tas yang dililitkan dipinggang disebut tas pinggang. Tas membawa
perlengkapan anak-anak sekolah disebut tas sekolah. Ada juga tas khusus
berisi alat kecantikan (beuty case) yang berbentuk kotak dan biasanya
dipergunakan oleh kaum wanita untuk membawa peralatan kecantikannya.
Bahkan pemakaian tas juga disesuaikan dengan barangyang ada di dalamnya,
seperti tas laptop, tas kamera/handycam, tas ransum (untuk tempat bekal
makanan dan minuman), tas mukena, dan sebagainya.
Bahan pembuat tas juga bervariasi. Ada tas yang terbuat dari kulit
binatang, kertas, plastik atau kain. Bahkan, saat ini dikembangkan
pembuatan tas dengan menggunakan bahan dari plastik bekas kemasan
(recycle). Ada hal menarik untuk penggunaan tas oleh wanita. Tas telah
menjadi gaya hidup dan simbol status seseorang. Bagi sebagian besar
wanita, tas adalah gaya hidup. Tidak jarang wanita mempunyai sepuluh tas
bahkan lebih. Bahkan banyak wanita yang sangat peduli penampilan, rela
mengeluarkan uang puluhan juta rupiah hanya untuk sebuah tas rancangan
desainer ternama.
Penggunaan tas sendiri biasanya disesuaikan dengan pakaian yang
dikenakan seseorang pada saat tertentu atau disesuaikan dengan acara
yang dihadirinya. Misalnya, datang ke arisan menggunakan tas A,
berangkat kekantor menggunakan tas B, ke pesta tas C, ke supermarket
pakai tas D. hal itu saja dapat menjadi target pasar yang empuk bagi
para pengusaha tas. Tidak mengherankan jika bisnis tas menjadi salah
satu jenis industri yang sangat menggiurkan bahkan menjadi industri
besar. Sebut saja sedikit dari banyaknya sentra industri tas sukses,
seperti Terminal Tas di Tajur Bogor, Pik di jakarta Timur dan toko tas
Elizabeth di Bandung.
Berikut ini terdapat beberapa jenis tas yang biasa dikoleksi para
wanita, seperti tote bag (tas yang biasanya digunakan untuk berbelanja
karena bisa memuat banyak benda sekaligus), hobo bag (seperti tas lusuh
yang tidak layak pakai, mempunyai desain melengkung berbentuk bulan
sabit, dan berukuran cukup besar dan dibawa dibahu dengan desain
nyaman), duffel bag (tas yang biasa digunakan para atlet untuk membawa
perlengkapan dalam berolahraga), field bag (tas yang dahulu paling
populer di medan perang, digunakan paramedis dan pembawa alat
komunikasi), clutch bag (tas yang digunakan oleh wanita saat mendatangi
sebuah pesta), satchel bag (tas yang memiliki sebuah tali di tengah
penutup tas dan berfungsi untuk mengamankan tas agar tidak mudah
terbuka), baguette bag (hampir sama dengan jenis clutch bag, tetapi
jenis tas ini memiliki tali untuk memudahkan pengguna), massenger bag
(tas bertali selempang yang biasanya dilingkarkan di dada), cigar box
(tas yang menyerupai sebuah kotak yang biasanya terbuat dari bahan keras
dan digunakan sebagai penyimpan barang atau perhiasan), pouch (tas yang
terbuat dari kain, nilon, atau kanvas tipis, untuk membungkus atau
menyimpan barang dari berbagai macam ukuran sehingga ukurannya pun
menyesuaikan barang tersebut), kelly bag (tas berbentuk koper kecil yang
terbuat dari bahan kulit), dan jelly kelly bag (tas desain tote, tetapi
bahannya terbuat dari campuran karet sintetis).
Banyak sekali jenis tas yang biasa dikoleksi wanita tersebut, bukan,?
Belum lagi jenis-jenis tas yang biasa digunakan oleh para pria dan
anak-anak. Banyak sekali jenis tas lainnya yang biasa digunakan oleh
manusia di muka bumi ini. Jadi, jika Anda ingin membuka bisnis aneka
tas, Anda tidak usah merasa khawatir tidak akan sukses. Peluang
bisnisnya begitu terbuka lebar. Bisnis aneka tas ini merupakan peluang
menguntungkan. Namun, tentu saja untuk memulainya bisnis aneka tas ini
Anda harus menyiapkan strategi yang tepat. Misalnya, Anda telah
menentukan bahwa Anda akan memulai bisnis membuat tas untuk anak
sekolah. Anda tetapkan alasannya bahwa setiap tahun ajaran baru,
anak-anak sekolah membutuhkan tas sebagai sarana penunjangnya. Tentu hal
tersebut merupakan salah satu strategi yang diterapkan dalam bisnis
Anda. Setelah itu, baru Anda memikirkan strategi-strategi lainnya untuk
memajukan usaha Anda, mulai dari strategi proses produksi, distribusi,
hingga strategi penjualan barang.
Sumber : Buku Rupiah Meriah Dari Bisnis Aneka Tas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar