Bagian pertama rencana bisnis mencakup detail organisasi bisnis.
Berisi informasi tentang industri secara umum, dan bisnis Anda secara
umum, dan bisnis Anda secara khusus.
Gunakan kata kunci yang singkat tetapi harus mencakup seluruh unsur
berikut ini. Memasukan juga area organisasi lain yang dianggap sebagai
kunci bagi industri Anda.
- Gambaran Singkat Bisnis
- Produk atau Jasa
- Kekayaan Intelektual
- Lokasi
- Badan Hukum
- Manajemen dan karyawan
- Akuntansi dan Hukum
- Asuransi
- Keamanan
Apakah Rencana Organisasi itu
Rencana organisasi merupakan bagian dari rencana bisnis yang mencakup
gambaran produk dan jasa serta aturan administrasi bisnis detail
tentang bagaimana bisnis Anda dipadu agar efisien dan efektif biaya.
Ingatlah, saat menulis setiap bidang berikut ini, Anda perlu mengaitkan
pendapatan dan pengeluaran yang berhubungan dengan keputusan yang
diambil. Dengan demikian, saat membuat rencana bisnis, angka-angka
keuangan siap dimasukan ke dalam laporan keuangan.
Contoh
- Jika hendak menerima karyawan baru, proyeksikan berapa lama mereka akan bekerja dan berapa upahnya. Proyeksikan juga naiknya pendapatan yang diharapkan dengan adanya karyawan tersebut.
- Jika memutuskan untuk berbadan hukum, tunjukkan biaya yang berkaitan (pengacara, fee, dan sebagainya)
- Jika menyewa bangunan, pikirkan biaya yang terkait, seperti listrik, air, asuransi, perbaikan, dan sebagainya. Jika bangunan itu lebih besar, apa pengaruhnya terhadap pendapatan yang akan dihasilkam atau biaya yang akan dikeluarkan?
- Jika hendak membuat situs Web, berapa biayanya? Seberapa sering diperbarui dan berapa biayanya? Apakah ada karyawan spesialis Web? Berapa biaya web hostingnya?
Sumber : Buku Anatomy of a Business Plan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar