Untuk memeroleh Value Proposition yang tajam serta tepat sasaran, maka Customer Segments yang dilayani perlu dipecah dengan lebih spesifik. Dari Business Model yang baru terlihat bahwa segmen (A) eksekutif yang ingin berkembang, misalnya, membutuhkan pilihan topik yang lengkap dan konten yang aplikatif, sehingga ini yang perlu dijadikan Value Propositions. Runtutan berikutnya adalah perlunya segmen (A) ini mendapatkan informasi melalui Channels yang efektif, juga pembinaan Customer Relationships-nya bisa melalui program keanggotaan. Sebagai dampak turutannya, sumber pendapatan di Revenue Streams dapat tambahan melalui program keanggotaan.
Tambahan signifikan lainnya terlihat dari dieksplisitkannya segment(D) Penyandang Dana yang membutuhkan lembaga pelaksana program pelatihan manajemen. Banyak organisasi besar yang ingin mengembangkan stakeholder lainnya, seperti pengusaha kecil dan membutuhkan mitra yang terpercaya serta bersedia berkontribusi pada sebagian biaya penyelenggaraan. PPM Manajemen sebagai institusi pendidikan yang juga menerapkan praktik social responsibility dapat memberikan Value Propositions yang diinginkan oleh penyandang dana.
Sumber : Buku Business Model Canvas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar