Dalam Business Model Canvas, Channels adalah wadah untuk menyampaikan Value Propositions kepada Customer Segments yang dituju. Agar dapat berfungsi secara optimal, Channels perlu didesain dengan memertimbangkan aspek efektivitas dan efisiensi. Channels menjadi suatu yang efektif dan efisien bila perusahaan mendapatkan hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal. Pada beberapa industri, perkembangan teknologi memberikan dampak yang sangat signifikan guna peningkatan efektivitas dan efisiensi. Sebagai contoh pada dekade sekarang dimana teknologi sudah berkembang pesat, perusahaan cukup mudah dalam menyampaikan apa yang menjadi janji dan pelanggan cukup mudah mendapatkan janji tersebut.
Efektivitas Channels dapat dilihat melalui trade-off antara upaya (dapat dalam bentuk uang namun tidak selalu) dengan pemasukan yang didapat. Efisiensi Channel dilihat dari kemampuan penyerapan atau pemahaman pelanggan terhadap janji (dalam Value Propositions) yang diberikan perusahaan.
Sumber : Buku Business Model Canvas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar