Pada dasarnya, semua organisasi mempunyai modal bisnis, baik disadari ataupun tidak. Namun demikian, tidak semua organisasi menjelaskan model bisnis yang dipraktikkannya. Akibatnya, tidak semua kekuatan atau kelemahan organisasi dapat dideteksi. Sebuah organisasi yang memiliki value Propositions (VP) yang jalan dan dapat memenuhi keinginan segmen pasar yang dibidik dapat dinilai sebagai kekuatan dalam VP-nya. Sebaliknya, pemilihan Customer Segments (CS) yang populasinya kecil tidak menguntungkan merupakan kelemahan dalam memilih CS.
Selain untuk mendeteksi dan menganalisis kekuatan dan kelemahan organisasi, BMC dapat juga digunakan untuk memperkirakan peluang dan ancaman dari lingkungan luar. Dinamisnya kawula muda dalam berganti nomor telepon dan operator telepon selular guna mencari fitur yang cocok dan harga murah menyebabkan tingkat kepindahan (churn) yang tinggi. Hal ini jelas merupakan ancaman bagi perusahaan operator telepon seluler. Sebaliknya, kelompok umur senior umumnya lebih loyal pada satu nomor telepon selular sehingga upaya Customer Relationships-nya minumum saja.
Sumber : Buku Business Model Canvas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar