Senin, 03 Agustus 2020

Yang harus ada di dalam Ringkasan Eksekutif ( Executive Summary)

Ringkasan eksekutif dari rencana bisnis Anda memperkenalkan perusahaan Anda, menjelaskan apa yang Anda lakukan, dan menjabarkan apa yang Anda cari dari pembaca Anda. Secara struktur dari proposal bisnis, ini adalah bab pertama dari rencana bisnis Anda. Dan meskipun ini adalah hal pertama yang akan dibaca orang, saya biasanya menyarankan Anda untuk menulisnya paling akhir.

Mengapa? Karena begitu Anda mengetahui detail bisnis Anda di dalam dan luar, Anda akan lebih siap untuk menulis ringkasan eksekutif Anda. Lagi pula, bagian ini adalah ringkasan dari semua hal lain yang akan Anda tulis.

Idealnya, ringkasan eksekutif dapat bertindak sebagai dokumen yang berdiri sendiri yang mencakup hal-hal penting dari rencana terperinci Anda. Faktanya, sangat umum bagi investor untuk hanya meminta ringkasan eksekutif ketika mereka mengevaluasi bisnis Anda. Jika mereka menyukai apa yang mereka lihat dalam ringkasan eksekutif, mereka akan sering menindaklanjuti dengan permintaan rencana lengkap. presentasi , dan lebih banyak secara mendalam terkait keuangan.

Karena ringkasan eksekutif Anda adalah komponen penting dari rencana bisnis Anda, Anda ingin memastikan bahwa itu sejelas dan sesingkat mungkin. Tutupi sorotan utama bisnis Anda, tetapi jangan terlalu detail. Idealnya, ringkasan eksekutif Anda paling banyak satu atau dua halaman, dirancang untuk menjadi bacaan cepat yang memicu minat dan membuat investor Anda ingin sekali mendengar lebih banyak.

Komponen penting dari ringkasan eksekutif :
Tinjauan bisnis satu kalimat
Di bagian atas halaman, tepat di bawah nama bisnis Anda, sertakan ikhtisar satu kalimat dari bisnis Anda yang meringkas inti dari apa yang Anda lakukan.

Ini bisa menjadi slogan, tetapi seringkali lebih efektif jika kalimat tersebut menggambarkan apa yang sebenarnya dilakukan perusahaan Anda. Ini juga dikenal sebagai proposisi nilai Anda.

Masalah
Dalam satu atau dua kalimat, rangkum masalah yang Anda selesaikan di pasar. Setiap bisnis memecahkan masalah bagi pelanggannya dan memenuhi kebutuhan di pasar.

Larutan
Ini adalah produk atau layanan Anda. Bagaimana Anda mengatasi masalah yang telah Anda identifikasi di pasar?

Sasaran pasar
Siapa target pasar Anda, atau pelanggan ideal Anda? Ada berapa dari mereka? Penting di sini untuk lebih spesifik.

Jika Anda adalah perusahaan sepatu, Anda tidak menargetkan "semua orang" hanya karena semua orang memiliki kaki. Anda kemungkinan besar menargetkan segmen pasar tertentu seperti "pria yang sadar gaya" atau "pelari." Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menargetkan upaya pemasaran dan penjualan Anda dan menarik jenis pelanggan yang paling mungkin untuk membeli dari Anda.

Kompetisi
Bagaimana target pasar Anda memecahkan masalah mereka hari ini? Apakah ada alternatif atau pengganti di pasar?

Setiap bisnis memiliki beberapa bentuk persaingan dan sangat penting untuk memberikan ikhtisar dalam ringkasan eksekutif Anda.

Tinjauan umum dan tim perusahaan
Berikan gambaran singkat tentang tim Anda dan penjelasan singkat tentang mengapa Anda dan tim Anda adalah orang yang tepat untuk membawa ide Anda ke pasar.

Investor memberi bobot yang sangat besar pada tim — bahkan lebih dari pada gagasan — karena bahkan gagasan hebat membutuhkan eksekusi yang hebat untuk menjadi kenyataan.

Ringkasan keuangan
Sorot aspek-aspek utama dari rencana keuangan Anda, idealnya dengan bagan yang menunjukkan rencana penjualan, pengeluaran, dan keuntungan Anda.

Jika model bisnis Anda (mis., Bagaimana Anda menghasilkan uang) memerlukan penjelasan tambahan, di sinilah Anda akan melakukannya.

Persyaratan pendanaan
Jika Anda menulis rencana bisnis untuk mendapatkan pinjaman bank atau karena Anda meminta pendanaan kepada angel investor atau pemodal ventura, Anda harus memasukkan perincian tentang apa yang Anda butuhkan dalam ringkasan eksekutif.

Jangan repot-repot memasukkan persyaratan investasi potensial, karena itu akan selalu dinegosiasikan nanti. Sebagai gantinya, cukup sertakan pernyataan singkat yang menunjukkan berapa banyak uang yang perlu Anda kumpulkan.

Tonggak sejarah dan traksi
Elemen kunci terakhir dari ringkasan eksekutif yang ingin dilihat oleh investor adalah kemajuan yang telah Anda buat sejauh ini dan tonggak masa depan yang ingin Anda tekan. Jika Anda dapat menunjukkan bahwa pelanggan potensial Anda sudah tertarik — atau mungkin sudah membeli — produk atau layanan Anda, ini bagus untuk disoroti.

Anda dapat melewati ringkasan eksekutif (atau mengurangi cakupannya) jika Anda menulis rencana bisnis internal yang murni panduan strategis untuk perusahaan Anda. Dalam hal itu, Anda dapat memberikan rincian tentang tim manajemen, persyaratan pendanaan, dan daya tarik, dan alih-alih memperlakukan ringkasan eksekutif sebagai tinjauan umum tentang arah strategis perusahaan, untuk memastikan bahwa semua anggota tim berada di halaman yang sama.

Tidak ada komentar: