Sabtu, 21 Januari 2012

Audit Prosedur kegiatan kasir pada bank


1.      
1.       1. Adakah pengamatan physic apakah ruangan kasir telah dilengkapi alarm burger dan adakah percobaan apakah alat tersebut berfungsi atau tidak?
2.       2. Apakah pemegang kunci pintu khazanah dan nomor kombinasinya dikuasai lebih dari satu orang pejabat teras bank tersebut ?
3.      3.  Apakah duplikat kunci pintu khazanah dan nomor kombinasinya disimpan pada bank lain yang terdekat dengan bank yang bersangkutan?
4.       4. Teliti apakah saldo uang tunai yang dikuasai oleh kasir selalu cocok dengan uang tunai yang dikuasainya pada sore hari sebelumnya?
5.       5. Apakah kas opname pada pagi/sore hari dikerjakan oleh pejabat yang tidak berhubungan langsung dengan tugas perkasiran sehari-hari?
6.       6. Apakah saldo uang tunai yang dikuasai kasir telah cocok dengan uang tunai yang tersedia pada saat kas opname dan telah cocok dengan controlling account yang disusun oleh bagian accounting/cash register, dan lain-lain
7.       7. Apakah asuransi untuk Cash In Transit dan Cash in Cashier Box telah dilaksanakan dengan jumlah penutupan yang memadai?
8.       8. Adakah testing apakah peralatan untuk memeriksa dokumen palsu dan alat-alat penghitung uang tunai berjalan dengan lancer dan berfungsi dengan baik?
Sumber : Bank Auditing, Teguh Pudjo

Tidak ada komentar: