Rabu, 07 Agustus 2019

Survei terfokus pada Akreditasi SNARS 1.1



Survei terfokus pelayanan berisiko tinggi, yaitu bila rumah sakit yang sudah terakreditasi kemudian setelah itu akan menambah pelayanan tinggi risiko yang baru ( Bila rumah sakit yang sudah terakreditasi dan didalamnya sudah ada pelayanan berisiko tinggi maka rumah sakit tersebut dapat/tidak harus mengajukan surveI terfokus untuk pelayanan berisiko tinggi tersebut sesuai dengan kebutuhannya).
Survei terfokus khusus terdiri dari :
     1. Survei terfokus penambahan/perluasan pelayanan lebih dari 20 % ( misal  sebelumnya tempat tidur  ada 100 dan kemudian ditambah menjadi 20 TT atau lebih)
     2. Survei terfokus atas rekomendasi surveior
     3. Survei terfokus berdasarkan laporan masyarakat, instansi pemerintah, media massa/sosial dan lainnya.
     4. Survei terfokus banding (RS mengajukan banding bila keputusan akreditasi dianggap merugikan).

Survei terfokus pelayanan berisiko tinggi
     a. Jenis Survei terfokus pelayanan berisiko tinggi terdiri dari:
     a. 1 Survei terfokus peralatan pelayanan berisiko tinggi terdiri dari ESWL, Hemodialisis, Hiperbarik, Katerisasi Jantung, MRI dan/atau CT Scan, Radiologi Intervensional (masuk dalam Buku Surfok A)      
     a. 2 Survei terfokus sistem pelayanan berisiko tinggi yang terdiri dari 2 kelompok yaitu : ERIA ( Emergency dan Rawat Intensif Anak), HCU, ICU, Luka Bakar, Pelayanan Neonatal, Pelayanan Stroke ( Buku Surfok B). Kemoterapi, Onkologi Radiasi, Pelayanan jantung, Sterilisasi Sentral, Thalasemia, TRB ( Teknologi Reproduksi Berbantu) ( Buku Surfok C).
     b. Surfok pelayanan berisiko tinggi dilaksanakan tersendiri di luar survei akreditasi yang reguler, lama survei 1 ( satu) hari sampai dengan 2 ( dua) hari dengan 2 orang surveior yaitu 1 (satu) orang surveior dan 1 ( satu) orang dari profesi.
     c. Hasil surfok pelayanan berisiko tinggi bagi pelayanan yang baru : 1) tersertifikasi  2) belum tersetifikasi. Dalam hal ini rumah sakit dapat mengajukan remedial setelah dilakukan perbaikan sesuai rekomendasi.
Sumber : Buku Survei Terfokus KARS
Survei terfokus (Surfok) adalah survei langsung yang terbatas dalam lingkup, konten, dan lamanya, dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang, suatu masalah, standar, atau elemen penilaian secara spesifik, atau pelayanan yang berisiko tinggi.

1 komentar:

Suheriyonobaik@gmail.com mengatakan...

Sudah adakah buku panduan surfok Snars1.1