Selasa, 03 Juni 2008

Observasi unit.....

Hari senin sampai jumat ini saya ditugaskan untuk mengobservasi salah-satu anak perusahaan. Tujuannya seh untuk mempelajari dan menganalisa proses yang terjadi dan memberikan masukan untuk unit tersebut. Kebetulan tehnik mengobservasi ini pernah saya dapatkan di kantor lama ketia melakukan migrasi sistem dan perubahan proses binis, setidaknya dengan cara tersebut saya tidak cukup sulit untuk mendapatkan gambaran utuh dari proses unit tersebut. Trik-trik yang saya lakukan untuk mendapatkan informasi, biasanya dilakukan sebagai berikut :
1. Mengamati proses yang terjadi pada saat ada pasien.
2. Menggambarkan dalam flow chart proses yang terjadi dan mewawancarai secara langsung.
3. Menganalisa flow tersebut.
4. Mengindentifikasi kelemahan dari proses tersebut.
5. Memberikan masukan yang relevan.

Ternyata dari trik-trik tersebut, ada yang bisa saya dapatkan :
1. Unit yang kita periksa tidak menjalankan prosedur yang seharusnya.
2. Proses yang ditentukan memiliki kelemahan yang sangat vital terhadap perusahaan

Tidak ada komentar: