Selasa, 03 Juni 2008

Seserahan ke Tanggerang.....

Tanggal 25 Mei 2008, saya dan keluarga seserahan ke Tanggerang Seserahan merupakan salah-satu acara adat di sunda. upacara seserahan, yaitu upacara pranikah yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari upacara lamar­an yang saya lakukan sekitar satu bulan yang lalu.

menurut Drs. M Rachmat Sastradipradja – dikenal dengan sebutan Mang Rachmat, Proses upacara seserahan sebagai berikut mempelai wani­ta dan, keluarganya bersiap-siap menanti kedatangan calon mempelai pria. Jumlah orang yang datang disesuaikan de­ngan ruangan yang ada. Makna utama seserahan adalah menyerahkan calon mempelai pria ke­pada keluarga calon mempelai wanita. "Bukan menyerahkan barang. Barang hanya sebagai sambilan saja." ujarnya Mang Rachmat.

Ketika calon mempelai pria dan rombongan datang, wakil dari keluarga calon perempuan siap menyambut dan mempersi­lahkan rombongan menempati tempat yang telah disediakan. MC mempersilahkan jubir kelu­arga calon mempelai pria meng­utarakan maksud kedatangan­nya. Selanjutnya, MC memper­silahkan jubir calon mempelai wanita untuk memberi jawaban.

Penyerahan calon mempelai pria dari keluarganya kepada keluarga calon mempelai wanita, didahului dengan sungkem oleh calon suami kepada kedua calon mertua. Kemudian CMW dijemput oleh ibu dan bapak, dilanjutkan balasan sungkem CMW kepada kedua calon mer­tua dan selanjutnya disandingkan dengan pasangannya. Ke­dua keluarga pun berhadap-hadapan.

Penyerahan barang bawaan dilakukan oleh ibu calon suami kepada ibu calon istri secara estafet, yang telah ditata ditem­pat yang telah disediakan. Ke­mudian dilanjutkan perkenalan keluarga masing-masing mempelai. Seserahan pun selesai kemudian dilanjutkan dengan ramah

Tidak ada komentar: