Kamis, 03 April 2008

Jalanin Pivotable & PivoChart ......

03 April 2008

Hari ini saya di kantor lagi mencoba menggunakan PivotTable dan PivotChart, toolbar yang ada di MS Excel, yang berfungsi untuk mengolah, menganalisa dan membuat grafik. Menarik menggunakan toolbar ini, karena lebih mempermudah dalam membuat kertas kerja pemeriksaan audit.. Sayangnya, baru sekarang saya mengenal toolbar ini ……

Kebetulan sekali, pekerjaan saya sedikitnya berhubungan dengan data yang berjumlah ratusan bahkan ribuan data dan datanya terpisah-terpisah. Hanya perlu sedikit memberi perintah, tarik sana sini, dalam sekejap akan tampil tabel-tabel yang sangat luar biasa. Dan akhirnya bisa menganalisa lebih tajam dari berbagai sisi.
Biasanya toolbar ini sering digunakan oleh bagian pengolahan data kuantitatif, dan lebih tepat penggunaannya di dunia perbankan.
Memang saat ini sedang ngetren penggunaan data-data kuantitatif…mulai jajak pendapat di media kompas, polling pemilihan gubernur, presiden, pemilihan Indonesia Idol, Voting DPR dan sebagainya. Sepertinya data ini merupakan penentu kehidupan.
Penggunaan data kuantitatif lebih objektif, evidence dan menghindari kesan bertele-tele. Walaupun penggunaan data kuantitatif ini akan memakan waktu yang lebih lama, karena memerlukan data yang memadai dan terpercaya.

Tidak ada komentar: