Sabtu, 08 Januari 2011

Pengukuran dan Pengendalian Aktiva



Di beberapa unit usaha, fokus adalah pada laba yang diukur dari selisih antara pendapatan dan beban. Di unit usaha lain, laba dibandingkan dengan aktiva yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut. Pusat tanggung jawab yang terakhir ini disebut sebagai pusat investasi. Pusat Investasi menggunakan jenis-jenis aktiva. Kumpulan aktiva tersebut dinamakan dasar investasi.
1.      Analisis Struktur Assets
Tujuan penggunaan aktiva merupakan analogi dari tujuan pusat laba yaitu :
·         Untuk memberikan informasi yang berguna dalam membuat keputusan yang bagus mengenai aktiva yang digunakan dan untuk memacu para manajer agar membuat keputusan yang merupakan kepentingan perusahaan.
·         Untuk mengukur kinerja unit usaha sebagai suatu entitas ekonomi.
Dalam analisis mengenai perlakuan alternatif atas aktiva dan perbandingan ROI dengan EVA- dua cara dalam mengaitkan laba dengan aktiva yang digunakan-yang paling menarik adalah seberapa baiknya alternatif-alternatif tersebut melayani kedua tujuan di atas untuk menyediakan informasi guna pengambilan keputusan yang baik dan pengukuran kinerja ekonomi suatu unit usaha.
Umumnya, para manajer unit usaha memiliki dua sasaran kinerja. Pertama, mereka harus merealisasikan laba yang mencukupi dari sumber daya yang digunakan, Kedua, mereka harus dapat menggunakan sumber daya tambahan hanya jika penggunaan tersebut menghasilkan tingkat pengembalian yang memadai. Tujuan dari menghubungkan laba dengan investasi adalah untuk memotivasi para manajer unit usaha guna mencapai sasaran-sasaran tersebut di atas.
Tampilan berikut merupakan laporan keuangan hipotesis yang disederhanakan dari suatu unit usaha.
Neraca (dalam ribuan $)
Aktiva lancar:
Kas………………………………$   50
Piutang…………………………..   150
Persediaan……………………….   200
Total aktiva lancar……………….  400
Aktiva tetap:
Biaya…………… $ 600
Penyusutan……...   -300
Nilai buku…………………………300
Total aktiva………………………$700
Kewajiban lancar
Utang usaha…………………..$  90
Kewajiban lancar lainnya………110
Total kewajiban lancar…………200
Ekuitas perusahaan…………….500
Total Ekuitas…………………. $700
Laporan Laba Rugi
Pendapatan…………………………………………………………………$ 1.000
Pengeluaran, di luar penyusutan………..$ 850
Penyusutan………………………………...50
Pendapatan sebelum pajak…………………………………………………      900
Beban Modal ($500 x 10 %)………………………………………………..     100
Economic value added (EVA)……………………………………………..       50
Return on investment (ROI)= ($100/$500) = 20 %......................................        50


Tingkat pengembalian atas investasi (ROI) adalah suatu rasio perbandingan pembilangnya (numerator) adalah pendapatan yang dilaporkan pada laporan keuangan. Penyebutnya (denominator) adalah aktiva yang digunakan. Dalam tampilan diatas, yang menjadi penyebut adalah modal perusahaan di unit usaha. Jumlah tersebut dihasilkan dari jumlah kewajiban tidak lancar ditambah dengan ekuitas pemegang saham di neraca dari perusahaan yang terpisah.
Nilai tambah ekonomi (EVA) adalah jumlah uang, bukan rasio. EVA dapat diperoleh dengan mengurangkan beban modal dari laba operasi bersih. Beban modal diperoleh dari perkalian antara jumlah aktiva yang digunakan dengan suatu tingkat tarif.
2.      Mengukur Assets
Dalam memutuskan dasar investasi apa yang akan digunakan untuk mengevaluasi pusat investasi, kantor pusat menanyakan dua hal: Pertama, praktik-praktik apa saja yang akan membuat para manajer unit usaha menggunakan aktiva mereka dengan efisien dan untuk mendapatkan jumlah dan jenis yang tepat dari aktiva baru? Mungkin, ketika laba mereka berkaitan dengan aktiva yang digunakan, para manajer unit usaha akan mencoba untuk meningkatkan kinerja mereka yang diukur dengan cara ini.
a.       Kas
Hampir semua perusahaan mengendalikan kas secara terpusat karena pengendalian pusat memungkinkan penggunaan saldo kas yang lebih kecil daripada jika setiap unit usaha memegang saldo kas yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan perbedaan antara arus kas masuk dan arus kas keluar. Saldo kas unit usaha mungkin hanya akan merupakan selisih antara penerimaan dan pengeluaran harian.Akibatnya, saldo kas aktual pada tingkat unit usaha cenderung jauh lebih kecil dibandingkan dengan saldo kas yang diperlukan, jika unit usaha merupakan suatu perusahaan independen.
b.      Piutang
Manajer unit usaha dapat mempengaruhi tingkat piutang secara tidak langsung, melalui kemampuan mereka untuk menghasilkan penjualan, dan secara langsung, melalui penetapan persyaratan kredit dan persetujuan atas kredit individual dan batas kredit, serta melalui wewenang mereka dalam menagih kredit yang telah jatuh tempo. Demi kenudahan, unsure piutang sering dimasukkan pada saldo aktual di akhir periode, meskipun rata-rata antar periode secara konsep merupakan ukuran yang lebih baik atas jumlah yang seharusnya dikaitkan dengan laba.
c.       Persediaan
Persediaan biasanya diperlakukan sama seperti piutang-yaitu dicatat pada jumlah akhir periode meskipun rata-rata antar periode lebih baik secara konsep. Jika perusahaan menggunakan (last in, first out-LIFO) untuk tujuan akuntansi keuangan, maka metode penilaiain lain biasanya digunakan untuk pelaporan laba unit usaha, karena saldo persediaan LIFO cenderung sangat rendah pada periode terjadinya inflasi. Dalam kondisi-kondisi tersebut, persediaan sebaiknya dinilai pada biaya standar atau rata-rata, dan biaya yang sama sebaiknya digunakan untuk ,mengukur harga pokok, penjualan pada laporan laba rugi unit usaha. Jika persediaan barang dalam proses didanai melalui pembayaran di muka atau pembayaran cicilan dari konsumen, seperti yang biasa terjadi jika barang tersebut membutuhkan waktu produksi yang lama. Pembayaran tersebut akan dikurangi dari jumlah persediaan kotor atau dilaporkan sebagai kewajiban.
d.      Modal kerja secara Umum
Seperti yang dapat dilihat, perlakuan atas modal kerja sangatlah bervariasi. Pada satu sisi, perusahaan memasukkan seluruh aktiva lancar ke dalam dasar investasi dengan tidak mengeliminasi kewajiban lancar. Metode tersebut adalah beralasan dari sudut pandang motivasional jika unit-unit usaha tidak dapat mempengaruhi utang atau kewajiban lancar lainnya. Tetapi, metode tersebut menyatakan terlalu tinggi jumlah modal korporat yang diperlukan untuk mendanai unit usaha, karena kewajiban lancar merupakan sumber modal, seringkali dengan biaya bunga sama dengan nol.
e.       Properti, Pabrik, dan Peralatan
Dalam akuntansi keuangan, aktiva tetap awalnya dicatat pada biaya perolehan, dan biaya ini dihapuskan sepanjang umur ekonomis aktiva melalui penyusutan. Hampir semua perusahaan menggunakan pendekatan yang sama dalam mengukur profitabilitas atas dasar aktiva dari unit usaha. Hal ini menyebabkan permasalahan serius dalam penggunaan sistem tersebut untuk tujuan yang dimaksudkan. Permasalahan tersebut akan dianalisis pada bagian-bagian berikut:
·         Akuisisi Peralatan Baru
Asumsikan bahwa suatu unit usaha dapat membeli mesin baru seharga $ 100.000. Mesin ini diperkirakan akan menghasilkan penghematan sebesar $27.000 per tahun selama lima tahun. Jika perusahaan memiliki tingkat pengembalian yang diperlukan (required return) sebesar 10 persen, maka investasi tersebut adalah menarik, seperti yang telah dihitung pada bagian ilustrasi di bawah ini:


A.    Perhitungan ekonomi
Investasi pada mesin……………………………………$ 100
masa manfaat 5 tahun,
arus kas masuk, $ 27.000 per tahun
Nilai sekarang dari arus kas masuk ( $ 27.000 x 3,791)* 102,4
Nilai sekarang bersih…………………………………..      2,4
B.     Sebagaimana dicerminkan dalam laporan laba rugi unit usaha
                                  Seperti pada tampilan                           Tahun pertama
                                                                                                Dengan mesin
Pendapatan…………                                $ 1.000                           $ 1.000
Pengeluaran, di luar penyusutan… $ 850                          $ 823
Penyusutan ……………………...       50       900                 70            893
Pendapatan sebelum pajak………                  100                                 107
Dikurangi beban modal pada tingkat
10 %..............................................                    50                                   60
EVA                                                                  50                                   47
Catatan : Pajak penghasilan tidak ditunjukkan demi kesederhanaan. Diasumsikan bahwa pajak tersebut telah dimasukkan dalam perhitungan arus kas.
*3,791 merupakan nilai sekarang dari $1 per tahun selama lima tahun pada tingkat 10 %.
Beban modal atas mesin yang baru dihitung pada nilai buku awalnya, dimana untuk tahun pertama adalah sebesar $100x10%=10. Nilai buku awal tahun demi kemudahan. Banyak perusahaan yang menggunakan nilai buku rata-rata—(100+80)+2 = 90. Hasilnya akan serupa.
Investasi yang diusulkan memiliki nilai sekarang bersih (net present value-NPV) sebesar $2.400, dan oleh karena itu, harus diambil. Tetapi, jika mesin tersebut dibeli dan unit usaha mengukur dasar aktivanya, maka unit tersebut akan melaporkan penurunan EVA pada tahun pertama, dan bukan kenaikan. Bagian B pada tampilan diatas menunjukkan laporan laba rugi tanpa mesin tersebut dan laporan laba rugi jika mesin tersebut dibeli (dan telah digunakan selama satu tahun). Perhatikan bahwa pembelian mesin tersebut akan menaikkan pendapatan sebelum pajak, tetapi kenaikan ini lebih dibandingkan dengan kenaikan beban modal. Dengan demikian, penghitungan EVA menandakan bahwa profitabilitas telah menurun, walaupun fakta ekonomi menunjukkan bahwa laba mengalami kenaikan. Dalam kondisi yang demikian, manajer unit usaha mungkin akan merasa enggan untuk membeli aktiva tersebut. Dalam tampilan diatas, penyusutan dihitung berdasarkan metode garis lurus.
·         Nilai buku kotor
Fluktualisasi dalam EVA dan ROI dari tahun ke tahun dapat dihindari dengan memasukkan unsure aktiva yang dapat disusutkan dalam dasar investasi pada nilai buku kotornya, dan bukan nilai buku bersih. Beberapa perusahaan melakukan hal ini, jika hal tersebut dilakukan pada kasus ini, maka investasi setiap tahunnya dalah sebesar $100.000 (biaya awalnya), dan pendapatan tambahan adalah $7.000 (arus kas masuk sebsar $27.000 – penyusutan sebesar $20.000). Meskipun demikian, EVA-nya akan menurun sebesar $3.000 ($7.000 – beban bunga sebesar $10.000). ROI-nya sebesar 7 persen ($7.000 + $100.000).
·         Disposisi Aktiva
Jika satu mesin dianggap akan menggantikan mesin yang telah ada dan yang masih memiliki nilai buku yang belum disusutkan, diketahui bahwa nilai buku tersebut tidak relevan dalam analisis ekonomi atas usulan pembelian. Tetapi, menghilangkan nilai buku dari aktiva lama dapat mempengaruhi perhitungan profitabilitas unit usaha secara substansial. Nilai buku kotor akan meningkat hanya sebesar selisih antara nilai buku besih setelah tahun pertama dari mesin yang baru dengan nilai buku bersih dari mesin yang lama.
·         Penyusutan Anulitas
Jika penyusutan ditentukan oleh metode anuitas, dan bukan oleh metode garis lurus, maka perhitungan profitabilitas unit usaha akan menunjukkan EVA dan ROI yang tepat. Hal ini disebabkan karena metode penyusutan anulitas sesungguhnya mengaitkan pengembalian investasi yang implicit dalam perhitungan nilai sekarang. Penyusutan anulitas merupakan kebalikan dari penyusutan yang dipercepat, di mana jumlah penyusutan tahunan adalah rendah pada tahun-tahun pertama ketika nilai investasinya masih tinggi dan meningkat setiap tahunnya seiring dengan menurunnya nilai investasi; tetapi tingkat pengembalian hasil tetap konstan.

·         Metode Penilaian lain
Beberapa perusahaan menggunakan nilai buku bersih tetapi menetapkan batas bawah., biasanya 50 persen, sebagai biaya awal yang dapat dihapus. Hal ini mengurangi distorsi yang terjadi dalam unit usaha yang memiliki aktiva yang tua. Kesulitan dalam metode ini adalah bahwa suatu unit usaha dengan aktiva tetap yang memiliki nilai buku bersih di atas 50 persen nilai buku kotornya dapat mengurangi dasar investasi dengan sepenuhnya membuang aktiva-aktiva yang masih bagus. Perusahaan-perusahaan lain sama sekali tidak menggunakan catatan akuntansi dan menggunakan estimasi nilai sekarang (current value) dari aktiva. Perusahaan-perusahaan memperoleh jumlah tersebut dengan cara menilai aktiva secara berkala (katakanlah, setiap lima tahun atau ketika manajer unit usaha yang baru mengambil-alih), dengan menyesuaikan biaya awal menggunakan suatu indeks perubahan pada harga peralatan, atau dengan menggunakan nilai asuransi.
·         Aset-aset yang disewagunausahakan
Asumsikan suatu unit usaha yang laporan keuangannya menjual aktiva tetapnya seharga nilai bukunya sebesar $ 300.000, mengembalikan hasil penjualannya kepada kantor pusat korporat, dan kemudian menyewagunausahakan aktiva tersebut dengan tarif sewa sebesar $60.000 per tahun. Laba sebelum pajak dari unit usaha tersebut akan menurun akibat beban sewa baru yang lebih tinggi daripada beban penyusutan yang dihilangkan. Meskipun demikian, EVA-nya akan naik karena biaya yang lebih tinggi tersebut akan diimbangi oleh penurunan beban modal yang dihilangkan. Oleh karena itu, para manajer unit usaha lebih terdorong untuk menyewa daripada memiliki aktiva ketika beban bunga yang terkandung dalam biaya sewa lebih kecil daripada beban modal yang dikenakan pada dasar investasi dari unit usaha.
3.      EVA dan ROI
Hampir semua perusahaan yang memiliki pusat investasi mengevaluasi unit-unit usahanya berdasarkan ROI, dibandingkan yang menggunakan EVA. Ada tiga keuntungan dari ROI. Pertama, ROI merupakan pengukuran yang komprehensif di mana semua mempengaruhi laporan keuangan tercermin dari rasio ini. Kedua, ROI mudah dihitung, mudah dipahami, dan sangat berarti dalam pengertian absolute. Sebagai contoh, ROI dibawah 5 persen dikatakan rendag dalam skala absolute, dan ROI di atas 25 persen dikatakan tinggi. Ketiga, ROI merupakan denominator yang dapat diterapkan ke setiap organisasi yang bertanggung jawab terhadap profitabilitas, tanpa memperdulikan ukuran dan jenis usahanya. Kinerja dari unit yang bebeda dapat saling dibandingkan. Selain itu, data ROI pesaing bersedia sehingga dapat dijadikan sebagai dasar perbandingan.
EVA tidak memberikan dasar perbandingan semacam ini. Tetapi, pendekatan EVA juga memiliki beberapa keunggulan. Ada empat alasan yang membuatnya lebih unggul dari ROI.
Pertama dengan EVA seluruh unit usaha memiliki sasaran laba yang sama untuk perbandingan investasi. Di lain pihak, pendekatan ROI memberikan insentif yang berbeda untuk investasi di antara unit-unit usaha. Kedua, keputusan-keputusan yang meningkatkan ROI suatu pusat investasi dapat menurunkan laba keseluruhan. Sebagai contoh, di suatu pusat laba yang kini memiliki ROI sebesar 30 persen, manajer dapat meningkatkan ROI-nya dengan menjual aktiva yang ROI-nya 25 persen. Keunggulan ketiga dari EVA adalah tingkat suku bunga yang berbeda dapat digunakan untuk jenis aktiva yang berbeda pula. Sebagai contoh, tingkat bunga yang rendah dapat digunakan untuk persediaan, sedangkan tingkat bunga yang relatif tinggi dapat digunakan untuk investasi dalam aktiva tetap. Keunggulan keempat adalah bahwa EVA, berlawanan dengan ROI, memiliki korelasi positif yang lebih kuat terhadap perubahan-perubahan dalam nilai pasar perusahaan. Para pemegang saham merupakan pemilik kepentingan yang penting dalam perusahaan. Ada beberapa alasan mengapa penciptaan nilai pemegang saham menjadi sangat penting dalam perusahaan : (a)  mengurangi resiko pengambilalihan, (b) menciptakan nilai tukar untuk agresivitas dalam merger dan akuisisi, dan (c) mengurangi biaya modal, sehingga memungkinkan investasi yang lebih cepat untuk pertumbuhan masa depan. Ketika digunakan sebagai ukuran kinerja, EVA mendorong para manajer untuk meningkatkan EVA dengan cara mengambil tindakan-tindakan yang konsisten dengan peningkatan nilai pemegang saham. Hal ini dapat dipahami dengan melihat pada cara bagaimana EVA diperhitungkan. EVA diukur dengan cara sebagai berikut:
EVA = Laba bersih – Beban Modal
Dengan
Beban modal = Biaya Modal x Modal yang digunakan
Cara lain untuk menyatakan persamaan adalah :
EVA = Modal yang digunakan (ROI-Biaya modal)
4.      Pertimbangan dalam evaluasi manajer
Dengan melihat kelemahan ROI, kelihatannya mengejutkan bahwa ROI digunakan secara luas. Diketahui dari pengalaman pribadi bahwa kesalahan konseptual ROI untuk evaluasi kinerja adalah nyata dan menyebabkan timbulnya perilaku disfungsional dari para manajer unit usaha. Tetapi, cakupan dari kesalahan tersebut tidak tidak dapat ditentukan karena hanya sedikit jumlah manajer yang mau mengakui adanya kesalahan tersebut terjadi.
5.      Evaluasi kinerja ekonomi dalam perusahaan
Laporan-laporan manajemen dibuat bulanan atau kuartalan sementara laporan kinerja ekonomi biasanya dibuat dengan selang waktu yang tidak tetap, biasanya sekali dalam selang beberapa tahun. Berdasarkan alasan yang telah dinyatakan sebelumnya, laporan-laporan manajemen cenderung menggunakan informasi historis atas biaya aktual yang terjadi, sedangkan laporan-laporan ekonomi menggunakan informasi yang cukup berbeda. Laporan-laporan ekonomi merupakan instrument yang diagnostic. Laporan tersebut memberikan indikasi apakah strategi unit usaha sekarang sudah memuaskan dan jika tidak, keputusan apa yang harus diambil untuk unit usaha tersebut-memperbesarnya, memperkecil, mengubah arah, atau menjualnya. Analisis ekonomi atas suatu unit usaha dapat memperlihatkan bahwa rencana yang sekarang atas produk-produk, pabrik dan peralatan baru, atau strategi baru yang lain, bila dilihat secara keseluruhan, tidak akan menghasilkan laba yang memuaskan di masa depan, meskipun laba tersebut kelihatannya dapat dihasilkan bila masing-masing keputusan dilakukan secara terpisah.




Referensi :
¡  Robert N.Anthony Vijay Govindarajan.”Management Control System, penerbit Salemba Empat,2005.”
¡  Anthony, Robert N. The Management Control Function. Boston: Harvard Business School Press, 1989.
¡  Kaplan, Robert, dan David Norton. Balanced Scorecard. Boston: Harvard Business School Press, 1996.

Tidak ada komentar: