Selasa, 29 September 2020

 


  1. Instalasi Rawat Inap Cek kembali formulir permintaan darah, pastikan formulir terisi lengkap (tanda tangan dokter pengirim, cap  ruangan) yang dilengkapi formulir persetujuan screening (setuju atau tidak untuk dilakukan screening)
  2. Lakukan pengambilan spesimen darah untuk pemeriksaan golongan darah, jika pasien pernah melakukan pemeriksaan menggunakan specimen yang sama, gunakan specimen yang telah ada di laboratorium. Perhatikan volume dan persyaratan apesimen (EDTA min.3 cc Expired 3 hari).
  3. Periksa golongan darah disertai pemberian identitas berupa label yang sama dengan formulir.
  4. Lakukan dokumentasi pada buku permintaan darah diisi dengan; nama,tanggal,diagnosa, dokter pengirim, ruanga, jam pengambilan spesimen, petugas sampling, jenis permintaan darah dan volume (PRC, FFP, TC, Trombophoresis,  AHF), golongan darah, priority (Rutin, Cito), PMI rujukan dan Keterangan.
  5. Lakukan verifikasi terhadap identitas pada formulir permintaan dan spesimen.
  6. Hubungi PMI terkait, tanyakan ketersedian darah sesuai dengan permintaan serta jenis golongan darahnya. 
  7. Jika tidak tersedia, hubungi PMI lain dan jika tetap tidak ada persediaan di PMI, hubungi petugas ruangan terkait untuk menginformasikan ke pasien/keluarga, apakah memiliki donor pengganti yang bersedia di bawa ke PMI.
  8. Jika tersedia dan bisa diambil,petugas laboratorium menghubungi perawat tentang ketersediaan darah dan jumlah kantung, isi checklist  permintaan darah, pastikan terisi lengkap
  9. Hubungi driver, informasikan untuk segera mengambil darah ke PMI dengan membawa, spesimen pasien, formulir permintaan darah, dan coolbox dan icepack.
  10. Cek kesesuaian kantong darah dengan form permintaan saat driver kembali dari PMI, pastikan kantung darah yang telah diminta sesuai secara jumlah dan jenisnya,serta cek ulang golongan darah pada kantung darah.
  11. Dokumentasikan penerimaan pada buku ekspedisi darah PMI dan buku pemeriksaan screening terkait, dengan mengisikan catat nama pasien, jenis darah, no kanton, tanggal expired dan kondisi kantong dan golongan darah.
  12. Hubungi perawat, konfirmasi apakah dilakukan screening atau disimpan dahulu (catat nama perawat yang dihubingi serta jam)
  13. Informasikan perawat agar melakukan order pemeriksaan. 
  14. Distribusikan Kwitansi yang telah di print ke bagian kasir, dengan menyertakan tanda terima.

Tidak ada komentar: