Rabu, 12 September 2012

untuk apa tujuan berbisnis?


Terkadang saya merenung dalam aktivitas kesibukan kerja saya.   Dan memikirkan apa yang saya lakukan selama ini.  Terkadang memikirkan seberapa besar bisnis ternak saya dalam menghasilkan uang ?. Tentunya tidak hanya saya yang akan menjawab “untuk mencari uang” atau “mencari keuntungan”. Setelah saya membaca biografi tokoh bisnis ternyata tujuan utama bisnis dari orang-orang sukses yang saya ketahui bukan untuk mencari uang tetapi hal lain.
Ketika Pendiri Facebook, Bill Gates (Microsoft), DEL, dan seterusnya, ditanya kenapa membuat perusahaan yang mereka buat, jawabannya adalah membuat dunia menjadi lebih baik. Saya kenal seorang pemilik pesantren, setiap hari aktivitasnya ceramah akan tetapi rejekinya berlimpah.
Uang bagi mereka bukan tujuan utama membuat bisnis. Uang akan datang sebagai konsekuensi dari usaha yang mereka lakukan. Bukan tujuan utama. Hobi merupakan dorongan utamanya. Mereka melakukannya karena kecintaan mereka pada bidang mereka.
Steve Jobs mengatakan bahwa waktu masih muda dia tidak peduli terhadap uang, karena tidak punya uang (he he he). Setelah sukses dia juga tidak peduli kepada uang, karena uangnya banyak. 

Jika kita membuat bisnis yang kita sukai, maka itulah sukses. Seorang yang senang maen bola, membuat bisnis sekolah sepakbola. Seorang yang senang menari, membuat sanggar tari, mengembangkan bisnis tari, pawai tari dan sejenisnya.  Orang yang senang buku mengembangkan bisnis toko buku, perpustakaan . Semuanya menyenangkan. Bisnis tidak menjadi aktivitas yang wajib, tetapi menjadi hal yang menyenangkan.

Jika tujuan seseorang memulai usaha adalah untuk mencari uang, maka sebetulnya ada banyak jalan lain yang lebih mudah dan aman untuk mendapat uang banyak. Itulah sebabnya sebagian besar orang menjadi pekerja (bekerja di perusahaan multi nasional menghasilkan gaji yang luar biasa besar), menjadi PNS (dengan gaji yang terjamin), atau menjadi anggota dewan (ini yang menjadi favorit saat ini ). Uang lebih banyak di situ dibandingkan dari membuka usaha sendiri.
Tujuan bisnis adalah memberikan kesempatan orang lain untuk mengembangan potensinya dan mensejahterakan orang lain.  Memberikan kesempatan bagi orang lain untuk menjadi lebih layak dalam kehidupannya. Membahagiakan seluruh anggota keluarganya.  Indikator kesuksesan bisnis kita ketika bisnis kita memiliki kemampuan menyinari setiap orang




Tidak ada komentar: