Kamis, 17 Januari 2019

Pelanggan dalam Bisnis Anda

Pelanggan merupakan aset yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan adanya pelanggan, perusahaan bisa tumbuh. Dan, memiliki pelanggan loyal akan membuat perusahaan memiliki daya saing yang kuat di tengah ketatnya persaingan.

Apakah Anda bergerak di bidang penjualan distribusi, pendidikan, kesehatan, kuliner, apapun itu, Anda memiliki custumer atau pelanggan sendiri. Pembeli, pemakai jasa, pengecer, siswa, pasien, penumpang, apa pun sebutannya, mereka adalah pelanggan Anda. Petugas administrasi, kasir, pelayan toko, bagian gudang, pengantaran, pengepakan, karyawan dari departemen atau bagian apapun, mereka juga adalah pelanggan Anda. Setiap orang adalah pelanggan. sebab, merekalah yang menjamin kelangsungan hidup bisnis Anda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Bahasa Indonesia, konsumen (consumer) diartikan sebagai pemakaian barang hasil produksi; penerima pesan iklan; dan pemakai jasa. Andapun pelanggan (customer) berarti orang yang secara kontinu dan berulang kali datang ke tempat yang sama untuk memuaskan keinginannya dengan memiliki suatu produk, atau mendapatkan suatu jasa dan memuaskan produk atau jasa tersebut (Lupioadi, 2001). Kini, konsumen dan pelanggan dianggap memiliki karakteristik sama, yaitu semua orang yang menuntut organisasi untuk memenuhi standar kualitas tertentu, dan karena itu memberikan pengaruh terhadap kinerja organisasi.

Ada pula yang mendefinisikan pelanggan sebagai setiap orang, unit, atau pihak dengan siapa kita bertransaksi, baik langsung maupun tidak langsung, dalam menyediakan produk. Dalam hal ini, terdapat tiga pemahaman tentang pelanggan, yaitu orang yang tidak tergantung pada perusahaan, tetapi sebaliknya; orang yang membawa perusahaan untuk mengikuti keinginannya; dan orang yang amat penting yang harus dipuaskan.

Sumber : diolah dari berbagai sumber tentang customer excelent

Tidak ada komentar: