Jumat, 28 Oktober 2011

Aktivitas di pagi hari

Kebiasaan bangun lebih awal sudah biasa saya lakukan....sejak dari SMU dan mudah-mudahan hingga akhir hayat saya nanti...aktivitas bangun pagi yang sangat berkesan...kegiatan bangun pagi ini dikarenakan saya tidur lebih awal...habis sholat isya kira-kira jam 19.30 saya sudah tidur bersama anak saya Azka...kebetulan azka memiliki kebiasaan yang sama tidur lebih awal...tidur lebih awal ini tentunya dari kebiasaan saya ketika waktu SMU saya tinggal di sekretariat organisasi dan disitu banyak sekali yang tinggal...dan setiap malam ramai sekali di sana...tentunya saya harus tidur lebih awal...agar saya bisa terbangun di pagi hari dan bisa belajar serta mengerjakan tugas-tugas sekolah saya. begitulah asal-mulanya...menurut pepatah, kebiasaan muncul dikarenakan ada penyebabnya.
kembali ke aktivitas pagi...biasanya saya bangun jam 3 pagi...sholat tahajjud dulu, buka laptop, blogging, atau hanya sekedar membaca buku-buku yang menarik. Dan sekalian menunggu waktu sholat subuh.. Sholat subuh dilalukan di mesjid dan langsung setelah itu saya memulai blogging lagi dan biasanya anak saya terbangun jam 5 pagi...dan langung menuju ke lapangan bermain bola sama azka...azkaa kebetulan senang sekali olahraga....begini positifnya...jika anak suka olahraga, bapaknya juga kebawa olahraga...maen sepakbola kayaknya lebih mahir...tendangannya lurus dan kencang...dan tentunya dengan ekspresi dalam membuat goal....saya sebagai orang tua mengarahkan bakat si anak untuk menemukan potensi si anak ...terus menggali dan menggali....dan sampai anak menemukan potensi dan kesenangannya...dan semuanya di kembalikan ke si anak tersbut, asal yang dilakukan positif. Anak adalah seperti kertas kosong, dan biarkan si anak menuliskan pada diri mereka sendiri apa isi dari kertas itu. Abis olahraga, biasanya saya memandikan azka...dan kegiatan memandikan anak ini sungguh pengalaman yang membahagiakan...lebih bahagia ketika kita sekedar memberikan jajan ....di kegiatan memandikan, ada upaya orang tua untuk mendekatkan si anak kepada orang tua......dan menurut buku perkembangan anak, bahwa usia di bawah 3 tahun,..adalah usia pendekatan dengan orang tua sebelum anak kita mengenai lingkungannya...kedekatan dengan orang tua harus terus di pupuk...diberikan perhatian, dilibatkan, berkomunikasi, bercerita, dihargai, di cium...Waktu pagi hari bagi saya adalah waktu yang efektif untuk mendekatkan saya sebagai orang tua...sempatkan waktu bersama dengan anak saya...dan tentunya saya harus menyadari bahwa anak adalah titipan Allah...maka saya diwajibkan menanamkan nilai-nilai islam ke dalam diri azka..kebersamaan tanpa nilai hanya semu,,,,kebersamaan menuju cinta Illahi....

Tidak ada komentar: