Selasa, 06 November 2018

Sistem Informasi Manajemen

Informasi Manajemen (SIM) adalah sistem yang secara rutin mengumpulkan dan menyimpan data; mengatur dan melaporkan (atau menampilkan jika diminta) data tersebut dalam bentuk informasi yang berguna bagi pengembalian keputusan manajerial. (Hari Kusnanto)

Sebuah Rumah Sakit pada hakekatnya memiliki empat fungsi penting yaitu:

  • Teknisi Pelayanan (medik, keperawatan, penunjang medik dan rujukan)
  • Pendidikan dan pelatihan 
  • Penelitian dan pengembangan 
  • Hubungan masyarakat (sebagai bagian dari administrasi umum dan keuangan)
Keempat fungsi tersebut diselenggarakan melalui manajemen Rumah Sakit.
Untuk menunjang keberhasilan 4 fungsi tersebut berikut manajemennya, diperlukan informasi yang berbeda-beda. Untuk mencapai keberhasilan upaya teknis pelayanan diperlukan dukungan informasi tentang riwayat medik pasien yang mencakup keluhan, diagnosa, perlakuan medik, dan lain sebagainya.

Untuk keberhasilan upaya pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan di rumah sakit diperlukan dukungan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, khususny IPTEK bidang kesehatan. Informasi IPTEK pada umumnya berupa dolumen-dokumen ilmu pengetahuan, hasil-hasil seminar dan penelitian, dan lain-lain. Sedangkan keberhasilan upaya hubungan masyarakat sangat membutuhkan informasi bidang kehumasan tentang seluk-beluk penyakit dan pelayanan rumah sakit. Dengan demikian, jelas bahwa keberhasilan pelaksanaan fungsi-fungsi rumah sakit memerlukan dukungan sistem informasi rumah sakit.

Sumber : System Informasi manajemen Rumah Sakit

Tidak ada komentar: