Senin, 18 Mei 2020

Memanfaatkan Aset kalian untuk dijual selama Pandemi

Kemarin saya mengajar kuliah secara digital dengan menggunakan aplikasi Zoom dengan para mahasiswa-mahasiswi Binus, dan kali ini saya menjadi Host dengan  pembicara adalah seorang pemilik bisnis bawang sekaligus Coach bisnis  yaitu bapak Yossa Setiadi.. Temanya tentang investasi. Dimulai dengan sapaan dengan bapak Yossa dan meminta seluruh mahasiswa untuk mengaktifkan video dan lakukan foto bersama. Selanjutnya bapak Yossa mulai menuturkan tentang materinya dan sangat menarik paparannya dan memotivasi.  
Saya memcoba simpulkan bahwa Ketika berbicara investasi itu adalah aset saat masa depan, semua  orang dilahirkan sudah memiiki aset, Tuhan sudah menghadirkan kita  dan di berikan kepada orang tua kita untuk dikembangkan agar menambah value kita, lalu orangtua mulai berinvetasi yang baik yaitu dengan mulai memberikan makanan, mulai memberikan kesenangan, mulai memberikan kesempatan kita untuk bersosialisasi dengan banyak orang dengan mulai belajar dari SD sampai kuliah, diberikan berbagai asupan gizi dan kita sendiri diberikan pengalaman kerja yangmerupakan investasi buat kita di masa depan. Terkait dengan kondisi pandemi ini, yang bisa dilakukan adalah bertahan dan menekan biaya.  Untuk bertahan kita bisa optimalkan kemampuan yang ada dengan memanfaatkan aset yang kita miliki (pendidikan, pengalaman, networking), Misalnya  kalian jago menulis rencana bisnis, jago menuangkan ide-ide bisnis ke dalam tulisan dan memahami apa yang diinginkan investor terkait ide bisnis kalian, selanjutnya kita tawarkan ke orang-orang atau pengusaha yang kesulitan menuangkan ide bisnis ke dalam proposal bisnis yang sesuai dengan kebutuhan investor.  Banyak tawaran ide bisnis di bidang penulisan bisa berupa Tulisan ini bisa berupa pembuatan Standar Operasional Prosedur (SPO), Jasa Penulisan Studi Kelayakan Bisnis atau hal lainnya. Intinya aset yang kita miliki dari hasil investasi, coba kembangkan dan kembangkan dan saya yakin ini akan menjadi peluang yang menjanjikan.  Explore kemampuan kita, apa yang kita miliki dan coba tawarkan ke orang-oramg dan saya yakin mereka akan senang mendapatkan apa yang kita perlukan.  Jangan takut untuk untuk memulai dalan hal apapun. 

Sekarang, investasi terhadap diri kita sudah sejauhmana? aset apa yang kalian punya?  jualah....perkenalkan diri anda, anda jualan apa...dan sampaikan ke mereka dengan doakan perkenalan ini membawa kebaikan buat kita semua

Tidak ada komentar: