Kamis, 02 Agustus 2012

Contoh Ringkasan Eksekutif Rencana Bisnis Universitas


Semakin berkembangnya bisnis pendidikan saat ini karena tuntutan masyarakat yang menginginkan pendidikan setinggi-tingginya dan diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan baik di lingkungan kerja atau masyarakat. Jumlah dan pertumbuhan PTS di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2007, data APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) adalah sebesar 2.761 PTS yang tersebar di seluruh Indonesia, meningkat dua kali lipat lebih apabila dibandingkan pada data 10 tahun sebelumnya, dimana pada tahun 1997 tercatat sebanyak 1.293 PTS. Pesatnya pertumbuhan ini semakin meningkatkan perguruan tinggi swasta untuk memperebutkan calon mahasiswa yang akan memasuki masing-masing perguruan. Selain itu, persaingan dengan perguruan tinggi negeri yang juga semakin lebar membuka pintunya, nampaknya juga tidak bisa dihindarkan lagi.

Terbatasnya waktu dan kepentingan lainnya dan juga saat banyak bertambah perguruan tinggi mulai dari akademi, sekolah tinggi serta universitas yang menyediakan berbagai program studi akan tetapi sedikit sekali memiliki kualitas yang baik dan proses pembelajaran yang mudah .

Pada sisi lain para karyawan  atau pengusaha terutama di lingkungan wilayah bisnis seringkali tidak dapat memiliki waktu untuk mengikuti perkuliahan dikarenakan kesibukan di kantor dan mereka mengharapkan menempuh pendidikan di lembaga yang berkualitas dan memiliki fleksibilitas atas waktu.

Permintaan konsumen seperti ini sebenarnya sudah dapat ditangkap oleh universitas-universitas yang telah membuka program kelas karyawan dengan perkuliahan sabtu minggu dan program e-learning diantaranya Universitas Bina Nusantara dengan  konsep pendidikan berbasis teknologi informasi atau universitas “world class university” yang berkembang pesat yang mempunyai beberapa kampus di lokasi strategis, tetapi bisnis mereka umumnya memerlukan advertising yang besar, konsumen umumnya tidak dapat melihat langsung proses belajar serta konsep pendidikan yang masih menempatkan mahasiswa sebagai objek.

Oleh sebab itu ide pendirian universitas ini  adalah untuk mengambil ceruk pasar dari para profesional khususnya di wilayah perkantoran kelapa gading yang kurang memiliki waktu atau menginginkan kemudahan dalam mengikuti pendidikan tetapi dapat mengikuti perkuliahan secara langsung secara virtual melalui sistem pembelajaran berbasis IT. Disamping itu penekanan konsep pendidikan adalah menempatkan mahasiswa sebagai subjek atau dengan istilah lain pendidikan yang memanusiakan manusia.


Konsep
           
Konsep universitas X  adalah bisnis pendidikan untuk tingkat sarjana dengan beragam jurusan. Universitas ini direncanakan memiliki fakultas yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Karena keterbatasan infrastrutur dan jaminan standard level of service yang ingin di jaga ( 90 % mahasiswa puas atas pelayanan universitas dan 95 % lulusan universitas ini yang bekerja sesuai bidangnya) maka seleksi mahasiswa yang masuk pada universitas ini  ini dilakukan secara ketat dengan standar rata-rata raport 7 dan memiliki standar TOEFL 450. Pendapatan universitas ini di dapat dari pembayaran mahasiswa, profit sharing dengan rekanan universitas juga dari hasil penelitian dan dana hibah universitas.

Sistem pembayaran untuk customer yang ingin menjadi mahasiswa pada universitas ini adalah dengan cara mencicil selama masa perkuliahan dengan periode pembayaran yang lebih fleksibel, mulai dari setiap bulan, atau per semester.

Pembayaran kuliah ini dengan cara transfer uang atan menggunakan kartu kredit kemudian  aktivasi nomor induk mahasiswa dapat digunakan jika sudah ada email konfirmasi atau sms dari pengelola universitas kepada calon mahasiswa, bukti fisik kartu mahasiswa akan dikirimkan melalui kurir pada saat mahasiswa diberikan undangan untuk mengikuti orientasi awal mahasiswa. Kartu mahasiswa juga dapat berfungsi sebagai kartu ATM maupun acces card.

Keunggulan Kompetisi
Keunggulan kompetisi dari bisnis ini adalah dapat melakukan perkuliahan dengan mengedepankan perkuliahan sistem orang dewasa dan menggunakan kemudahan dalam perkuliahan misalnya menggunakan media teleconference. Untuk itu perlu dilakukan seleksi dan pelatihan dosen untuk bisa memerankan diri sebagai fasilitator mahasiswa, memastikan infrastruktur yang memadai dan pihak manajemen terus melakukan survey tiap jangka waktu tertentu. Dari sisi pemasaran, pihak manajemen akan terus menerus meng update web site agar tetap banyak pengunjung dan setiap dosen diwajibkan memiliki blog dengan domain nama universitas dengan tujuan meningkatkan traffic nama universitas ini. Disamping itu juga diperhatikan ketepatan antara kurikulum perkuliahan dengan aktual pengajaran. Universitas ini juga mendirikan pusat informasi kerja, pusat complain dan workshop mahasiswa.

Tidak ada komentar: