Kamis, 02 Agustus 2012

Ringkasan Eksekutif Rencana Bisnis Media


Semakin berkembangnya bisnis media massa ini karena kebutuhan masyarakat akan informasi yang cukup tinggi.  Dan saat ini pertumbuhan media tidak hanya berupa media cetak tetapi sudah berkembang ke dalam media dalam bentuk web.  Pertumbuhan web sebagai media online semakin meningkat. Setidaknya terdapat dua faktor yang menjadikan web melonjak tinggi. Pertama, karena teknologi dan infrastruktur sudah menyebar dalam jumlah besar di masyarakat khususnya telephon dan komputer. Kedua, web juga multifungsi dan internet juga mempunyai fungsi yang meluas.

Jumlah dan pertumbuhan media massa di dunia terus meningkat dari tahun ke tahun. Di level dunia, misalnya kita bisa melihat Media America Online ( milik Microsoft).  Penggunaan internet di Indonesia juga sangat memperngaruhi pertumbuhan media online, berdasakan data dari kementrian komunikasi dan informatika, pada tahun 2009 pengguna internet di Indonesia mencapai 45 juta orang. Dan peluang inilah yang ditangkap oleh detik.com sebagai portal pertama media online di Indonesia disusul oleh kompas cyber, okezone, media Indonesia, info computer dan lain-lain.

Pada sisi lain para masyarakat yang terpelajar terutama di lingkungan wilayah perkotaan seringkali jarang menemukan media massa yang mampu memberikan pencerahan pemikiran akan islam, khususnya kebudayaan dan politik islam. Dan salah-satu media yang mengedepankan pemikiran islam yang mencerahkan yang berorientasi pada kebudayaan dan politik adalah jurnal X. 

Tidak ada komentar: