Senin, 08 April 2019

Memperoleh Informasi dari Web

Dengan adanya kebutuhan informasi tambahan untuk prosedur analisis dalam lingkungan real-time, auditor memerlukan data terbaru. Misalnya, auditor mungkin ingin mengembangkan model regresi untuk penjualan suatu area berdasarkan data ekonomi makro untuk area tersebut. Informasi seperti ini akan sulit diperoleh dan memerlukan banyak waktu untuk mendapatkannya. Akan tetapi dengan adanya internet, perusahaan membuat informasi tersedia lebih cepat. Misalnya, arsip-arsip SEC dapat ditemukan di Web hanya dalam sehari.

Dengan semakin meluasnya penggunaan Web sebagai sumber data, auditor harus dapat mencari data yang sesuai. Saat ini ada empat jenis utama dari mesin pencari. Indeks secara hierarkis, seperti Yahoo, didasari oleh kategorisasi yang dibuat oleh para profesional, seperti pustakawan dan pembuat indeks. 

Jenis mesin pencari lainnya, yang disebut oleh banyak orang sebagai "mesin pencari standar" (standard search engine) mencari berdasarkan pemunculan kata kunci. Jenis ini mencakup AltaVista, Excite, dan Go Network. Mesin pencari ini umumnya melaporkan seberapa relevan halaman-halaman tersebut berdasarkan faktor-faktor seperti frekuensi kata kunci dan penempatan kata kunci.

Mesin pencari Meta mencari mesin-mesin pencari lainnya. Jenis ini mencakup Dogpile dan MetaCrawler. Masalah dengan jenis pencari seperti ini adalah ketidakmampuannya untuk melakukan pencarian Boolean  (variabel biner). Jenis mesin pencari yang terakhir meliputi berbagai alternatif dan saat ini disebut sebagai "mesin pencari alternatif" (alternative search engine). Kategori ini mencakup berbagai kelompok yang tidak termasuk dalam ketiga kategori di atas. Misalnya, Norhern Lights termasuk dalam kelompok ini. Northern Lights melakukan pencarian seperti mesin pencari standar namun menggabungkan hasilnya ke dalam beberapa kelompok yang mirip. Ask Jeeves didasari oleh pertanyaan yang ditanyakan. Mesin pencari ini memiliki basis data pertanyaan dan kutipan jawaban. Jelas, dengan semakin dewasanya Web, maka mesin pencari pun semakin dewasa.

Sumber : Sawyer's Internal Auditing

Tidak ada komentar: