Rabu, 03 April 2019

Peranti Lunak untuk Keseluruhan Perusahaan

Peranti lunak untuk keseluruhan perusahaan  (enterprise-wide softwere) adalah salah satu jenis peranti lunak pasokan vendor yang telah menarik perhatian selama ini di berbagai perusahaan raksasa dan makin menarik perhatian banyak perusahaan besar hingga perusahaan menengah. Sistem ini biasanya menyediakan entri tunggal ke dalam sistem dan meniadakan mentalitas "stovepipe." Oleh karena itu, entri penjualan akan memperbarui data kredit, pembelian, dan jadwal produksi yang dibutuhkan, dalam lingkungan real-time. Auditor internal perlu dilibatkan secara dekat dalam aplikasi semacam itu karena keluasaan dari perekayasaan ulang yang dilibatkan dan biaya untuk implementasi.

Perekayasaan ulang biasanya dibutuhkan terutama untuk mengurangi semua kontrol tradisional yang biasanya menjadi tempat bergantung auditor internal. Jadi, auditor harus memonitor penyesuaian peranti lunak demi kepentingan dirinya. Walaupun penyesuaian semacam itu awalnya tampak tepat, penyesuaian tersebut dapat menyebabkan masalah substansial dalam peningkatan peranti lunak di masa mendatang. Sementara itu, jika vendor biasanya mendukung semua versi peranti lunak mereka, di masa mendatang mereka bisa saja tidak mekakukannya lagi. Semakin banyak penyesuaian, maka akan semakin sedikit realisasi manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dari peningkatan peranti lunak yang relatif mudah.

Penggunaan peranti lunak keseluruhan perusahaan masyarakat entitas tersebut untuk dengan hati-hati mempertimbangkan siklus hidup pengembangan sistem. Hal ini terutama penting karena adanya kebutuhan untuk mendedikasikan personel tetap dari area fungsional ke proyek tersebut. Aplikasi semacam itu biasanya melibatkan penggunaan konsultan yang ekstensif dan internal auditor harus melakukan peran aktif dalam mengevaluasi kelayakan dan kemampuan dari tim yang diusulkan. 

Sumber : Sawyer's Internal Auditing

Tidak ada komentar: