Minggu, 28 Januari 2018

Pengendalian Resistensi Antimikroba

Yang dimaksud dengan resistensi antimikroba adalah ketidak mampuan antimikroba membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroba sehingga penggunaannya sebagai terapi penyakit infeksi menjadi tidak efektif lagi.
Meningkatnya masalah resistensi antimikroba terjadi akibat penggunaan antimikroba yang tidak bijak dan bertanggung jawab dan penyebaran mikroba resisten dari pasien ke lingkungannya karena tidak dilaksanakannya praktik pengendalian dan pencegahan infeksi dengan baik.

Dalam rangka mengendalikan mikroba resisten di rumah sakit, perlu dikembangkan program pengendalian resistensi antimikroba di rumah sakit. Pengendalian resistensi antimikroba adalah aktivitas yang ditujukan untuk mencegah dan/atau menurunkan adanya kejadian mikrobaresisten.
Dalam rangka pengendalian resistensi antimikroba secara luas baik di fasilitas pelayanan kesehatan maupun di komunitas di tingkat nasional telah dibentuk Komite Pengendalian Antimikroba yang selanjutnya disingkat KPRA oleh Kementerian Kesehatan. Disamping itu telah ditetapkan program aksi nasional / national action plans on antimicrobial resistance (NAP AMR) yang didukung oleh WHO. Program pengendalian resistensi antimikroba (PPRA) merupakan upaya pengendalian resistensi anti mikroba secara terpadu dan paripurna difasilitas pelayanan kesehatan.

Implementasi program ini di rumah sakit dapat berjalan baik apabila mendapat dukungan  penuh  dari  pimpinan/direktur  rumah  sakit  berupa  penetapan   regulasi
Pengendalian resistensi antimikroba, pembentukan organisasi pengelola, penyediaan fasilitas, sarana dan dukungan finansial untuk mendukung pelaksanaan PPRA.
Penggunaan antimikroba secara bijak ialah penggunaan antimikroba yang sesuai dengan penyakit infeksi dan penyebabnya dengan rejimen dosis optimal, durasi pemberian optimal, efek samping dan dampak munculnya mikroba resisten yang minimal pada pasien. Oleh sebab itu diagnosis dan pemberian antimikroba harus disertai dengan upaya menemukan penyebab infeksi dan kepekaan mikroba patogen terhadap antimikroba.
Penggunaan antimikroba secara bijak memerlukan regulasi dalam penerapan dan pengendaliannya. Pimpinan rumah sakit harus membentuk komite atau tim PPRA sesuai peraturan perundang-undangan sehingga PPRA dapat dilakukan denganbaik.
Tersedia regulasi pengendalian resistensi antimikroba di rumah sakit yang meliputi:
  • Pengendalian resistensi anti mikroba.
  • Panduan penggunaan antibiotik untuk terapi dan profilaksis pembedahan.
  • Organisasi pelaksana, Tim/ Komite PPRA terdiri dari tenaga kesehatan yang kompeten dari unsur:
  1. Staf Medis
  2. Staf Keperawatan
  3. Staf Instalasi Farmasi
  4. Staf Laboratorium yang melaksanakan pelayanan mikrobiologiklinik
  5. Komite Farmasi danTerapi
  6. Komite PPIT
  7. Komite Farmasi danTerapi
  8. Komite PPI
Organisasi PRA dipimpin oleh staf medis yang sudah mendapat sertifikat pelatihan PPRA.Rumah sakit menyusun program pengendalian resistensi anti mikroba dirumah sakit terdiri dari:
  • peningkatan pemahaman dan kesadaran seluruh staf, pasien dan keluarga tentang masalah resistensi antimikroba;
  • pengendalian penggunaan antibiotik di rumah sakit;
  • surveilans pola penggunaan antibiotik di rumah sakit;
  • surveilans pola resistensi antimikroba di rumah sakit
  • forum kajian penyakit infeksi terintegrasi
Sumber : Pedoman Akreditasi Rumah Sakit KARS 

Tidak ada komentar: