Jumat, 08 Maret 2019

Karakteristik Komputer Mikro

Meskipun komputer mikro menyediakan kemampuan perhitungan yang besar bagi pemakai, komputer ini cukup kecil untuk dipindahkan, relatif  tidak mahal, dan dapat dioperasikan segera. Pemakai dengan keterampilan dasar dapat belajar mengoperasikan komputer mikro secara mudah karena banyak sistem operasi dan program aplikasi yang "user friendly" dan menyediakan instruksi tahap demi tahap. Karakteristik lain yang terdapat dalam komputer mikro adalah perangkat lunak sistem operasi, yang biasanya disediakan oleh pembuat komputer mikro kurang menyeluruh dibandingkan dengan yang terdapat dalam lingkungan komputer yang lebih besar; seperti tidak adanya alat-alat pengaman dan pengendalian sebagaimana yang terdapat dalam lingkungan komputer yang lebih besar (password control misalnya).

Perangkat lunak untuk berbagai aplikasi mikro komputer dapat dibeli dari pihak ketiga untuk mengerjakan misalnya akuntansi buku besar, akuntansi piutang, dan pengendalian produksi dan sediaan. Paket perangkat lunak semacam itu biasanya dipakai tanpa modifikasi terhadap program. Pemakai juga dapat mengembangkan aplikasi lain dengan menggunakan generic software packages, seperti electronic spreadsheets atau database, yang dibeli dari pihak ketiga.

Perangkat lunak sistem operasi, program aplikasi dan data dapat disimpan dalam dan diambil dari removable strorage media, yang mencakup diskette, cartridge dan removable hard disk. Media penyimpanan seperti itu, yang berukuran kecil dan mudah dipindahkan, seringkali mengalami kerusakan fisik, data terhapus, salah letak dan mudah dicuri, terutama oleh orang yang tidak biasa dengan media tersebut, atau oleh pemakai yang tidak berwenang. Perangkat lunak, program dan data dapat pula disimpan dalam hard disk yang tidak mudah untuk dipindahkan.

Sumber : Buku Standar Profesional Akuntan Publik

Tidak ada komentar: