Minggu, 10 Maret 2019

Karakteristik Sistem On-Line

Karakteristik sistem komputer on-line dapat berlaku terhadap beberapa tipe sistem on-line yang telah diuraikan di atas. Karakteristik yang paling signifikan berkaitan dengan pemasukan data dan validasi secara on-line, akses secara on-line ke dalam sistem oleh pemakai, kemungkinan tidak adanya jejak transaksi dan adanya kemungkinan akses pemrogram ke dalam sistem.

Bila mana data dimasukan secara on-line, biasanya data tersebut segera mengalami pengecekan validasi.  Data yang gagal dalam proses validasi tidak akan diterima oleh sistem dan pesan akan ditayangkan pada layar monitor, sepanjang pemakai memiliki kemampuan untuk mengoreksi data dan memasukkan kembali dengan segera data yang sah. Contoh, jika pemakai memasukan nomor sediaan suku cadang yang tidak sah, pesan kesalahan akan ditayangkan sehingga memungkinkan pemakai melakukan pemasukan kembali nomor sediaan suku cadang sah.

Pemakai dapat memiliki akses secara on-line ke dalam sistem yang memungkinkannya melaksanakan sebagai fungsi (seperti memasukkan transaksi dan membaca, mengubah atau menghapus arsip program dan data melalui peralatan terminal). 

Suatu sistem komputer on-line dapat didesain sedemikian rupa sehingga tidak menyediakakn dokumen pendukung semua transaksi yang dimasukkan ke dalam sistem. Namun, sistem tersebut harus menyediakan rincian transaksi pada saat diminta atau melalui penggunaan transaction log atau cara lain. Contoh jenis sistem ini adalah order yang diterima melalui operator telepon 

Pemrogram dapat memiliki akses secara on-line ke dalam sistem yang memungkinkan mereka mengembangkan program baru dan mengubah program yang ada. Akses yang tidak terbatas memberikan kesempatan bagi pemrogram untuk melakukan perubahan yang tidak semestinya dan untuk memperoleh kesempatan akses ke bagian lain sistem. Sebagai contoh, dalam situasi gawat yang memerlukan perubahan program yang digunakan secara on-line pemrogram dapat diotorisasi untuk mengubah program yang sedang operasional. 

Sumber : Buku Profesional Akuntan Publik

Tidak ada komentar: