Senin, 11 Maret 2019

Pengendalian Intern Dalam Sistem Komputer On-Line

Pengendalian sistem informasi komputer (SIK) umum tertentu sangat penting dalam pengolahan on-line. Pengendalian ini mencakup:
- Pengendalian akses→prosedur yang didesain untuk membatasi akses ke dalam program dan data. Secara khusus, prosedur ini didesain untuk mencegah atau mendeteksi:
  1. Akses yang tidak semestinya ke peralatan terminal on-line, program dan data.
  2. Pemasukan transaksi tanpa otoritas.
  3. Perubahan arsip data tanpa otorisasi.
  4. Penggunaan program komputer yang masih operasional oleh personel yang tidak berwenang
  5. Penggunaan program komputer yang belum mendapatkan otorisasi
- Pengendalian terhadap password→prosedur untuk pemberian dan pemeliharaan password untuk membatasi akses hanya kepada pemakai yang sah.
- Pengendalian atas pengembangan dan pemeliharaan sistem→prosedur tambahan untuk menjamin bahwa pengendalian yang sangat penting terhadap aplikasi on-line, seperti password, pengedalian akses, validasi dan prosedur pemulihan data secara on-line, dimasukan di dalam sistem selama pengembangan dan pemeliharaan sistem.
- Pengendalian pemrograman→prosedur yang didesain untuk mencegah atau mendeteksi perubahan yang tidak semestinya terhadap program komputer yang diakses melalui peralatan terminal on-line.
- Transaction log→Laporan yang didesain untuk membuat jejak audit untuk setiap transaksi on-line. Laporan ini seringkali mendokumentasikan sumber suatu transaksi (terminal, waktu, dan pemakai) serta rincian transaksi. 

Sumber : Buku Standar Profesional Akuntan Publik

Tidak ada komentar: