Minggu, 10 Maret 2019

Tipe Sistem Komputer On-Line

Suatu komputer on-line dapat digolongkan sesuai dengan bagaimana informasi dimasukan ke dalam sistem, bagaimana informasi tersebut diolah dan kapan hasilnya tersedia bagi pemakai. Untuk tujuan Seksi ini, sistem komputer on-line digolongkan sebagai berikut
  1. On-Line/Real Time Processing
  2. On-Line/Batch Processing
  3. On-Line/Memo Update (dan Pengolahan Selanjutnya)
  4. On-Line/Inquiry
  5. On-Line Downloading/Uploading Processing
On-Line/Real Time Processing
Dalam sistem pengolahan on-line/real time, transaksi secara individu dimasukan pada peralatan terminal, divalidasi dan digunakan untuk meng-update dengan segera arsip komputer. Sebagai contoh adalah penerimaan kas yang segera secara langsung digunakan untuk meng-update akun customer yang bersangkutan.

On-Line/Batch Processing
Dalam suatu sistem dengan on-line input and batch processing, transaksi secara individual dimasukkan ke dalam peralatan terminal, melalui pengecekan validasi tertentu dan ditam bahkan ke arsip transaksi yang berisi transaksi lain yang dimasukan ke dalam sistem dalam periode waktu tertentu. Di waktu kemudian , selama siklus pengolahan berikutnya, arsip transaksi dapat divalidasikan lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk mengup date arsip induk yang berkaitan. Contoh, jurnal dapat dimasukan dan divalidasi secara on-line dan disimpan sementara dalam arsip transaksi, dan arsip induk buku besar di update secara bulanan.

On-Line/Memo Update 
On-line input with memo update processing, yang juga dikenal dengan update bayangan, mengkombinasikan on-line/real time processing dan pengolahan on-line/batch processing. Transaksi secara individual segera digunakan untuk meng-update suatu memo file. Contoh penarikan melalui ATM, yang sebelumnya telah dicek ke saldo akun customer di dalam memo file, segera di posting ke saldo akun dalam arsip tersebut untuk mengurangi saldo sejumlah kas yang diambil.

On-Line/Inquiry
On-line/inquiry membatasi pemakai pada peralatan terminal untuk melakukan permintaan keterangan dari arsip induk. Dalam arsip ini, arsip induk di-update oleh sistem lain, biasanya berdasarkan batch transaksi. Sebagai contoh, pemakai dapat meminta keterangan status kredit customer tertentu, sebelum menerima suatu order dari customer tersebut.

On-Line Downloading/Uploading Processing
On-line downloading/uploading berkaitan dengan transfer data dari arsip induk ke peralatan intelligent terminal untuk diolah lebih lanjut oleh pemakai. Sebagai contoh, data di kantor pusat yang merupakan transaksi cabang dapat ditransfer ke peralatan terminal di cabang untuk diolah lebih lanjut dan untuk menyiapkan laporan keuangan cabang.

Sumber : Buku Standar Profesional Akuntan Publik

Tidak ada komentar: