Minggu, 10 Maret 2019

Sistem Komputer On-Line

Sistem komputer yang memungkinkan pemakai melakukan akses ke data dan program secara langsung melalui peralatan terminal disebut dengan sistem komputer on-line. Sistem tersebut dapat berbasis mainframe computers, komputer mini, atau struktur komputer mikro dalam suatu lingkungan jaringan.

Sistem on-line memungkinkan pemakai memulai berbagai fungsi secara langsung. Fungsi-fungsi tersebut mencakup:
  1. Memasukan transaksi (seperti: transaksi penjualan dalam toko pengecer, pengambilan kas di dalam suatu bank, dan pengiriman barang dalam suatu pabrik).
  2. Melakukan permintaan keterangan (seperti informasi tentang akun atau saldo terakhir custamer).
  3. Meminta laporan (seperti daftar unsur sediaan yang ada di gudang, yang kuantitasnya menunjukan angka negatif).
  4. Melakukan up-dating terhadap arsip induk (seperti pembuatan akun bagi customer biaru dan pengubahan kode akun buku besar).
Berbagai jenis peralatan terminal dapat digunakan dalam sistem komputeron-line. Fungsi peralatan terminal ini sangat bervariasi tergantung pada logic, transmisi, penyimpanan, dan kemampuan dasar komputer. Tipe peralatan terminal mencakup: 
-Terminal untuk tujuan umum, seperti :
  • Layar dan papan ketik dasar→digunakan untuk memasukan datas tanpa melalui proses validasi di terminal dan untuk menayangkan data dari sistem komputer kelayar kompur.
  • Inteligent terminal→digunakan untuk papan ketik dasar dan layar monitor dengan fungsi tambahan untuk melakukan validasi data di terminal, menyelenggarakan transaction log, dan melakukan pengolahan lokal yang lain.
  • Komputer mikro→digunakan untuk semua fungsi intelligent dengan fungsi tambahan untuk kemampuan pengolahan dan penyimpangan lokal.
-Terminal untuk tujuan khusus, seperti:
  • Peralatan point of sale (POS) digunakan untuk mencatat transaksi penjualan pada saat terjadi dan untuk mengirimkan catatan tersebut ke komputer pusat.
  • Automated teller machine (ATM) digunakan untuk memicu, memvalidasi, mencatat, mengirim dan melengkapi berbagai transaksi perbankan.
Sumber : Buku Standar Profesional Akuntan Publik

Tidak ada komentar: