Minggu, 17 Maret 2019

Pengamanan Fisik-Media yang dapat Diambil dan yang Tidak dapat Diambil

Program dan data yang digunakan dalam suatu komputer mikro dapat disimpan dalam media penyimpanan yang dapat diambil atau media penyimpanan yang tidak dapat diambil. Diskette dan cartridge dapat diambil secara fisik dari komputer mikro, sementara itu, hard disk umumnya dipasang permanen di dalam komputer mikro atau dalam unit yang berdiri sendiri ditempatkan pada komputer mikro. Bilamana komputer mikro digunakan oleh banyak orang, pemakai dapat melakukan sikap yang mengakibatkan kerusakan pada tempat penyimpanan diskette aplikasi atau cartridge yang menjadi tanggung jawabnya. Sebagai akibatnya, diskette yang penting dapat salah letak, diubah tanpa izin, atau hancur.

Pengendalian atas media penyimpanan yang dapat diambil dapat digunakan dengan meletakan tanggung jawab atas media tersebut ke pundak personel yang tanggung jawabnya mencakup tugas sebagai penyimpan dan pustakawan. Pengendalian dapat diperketat jika digunakan sistem pengecekan keluar atau masuknya arsip data dan program serta disediakan tempat penyimpanan tertentu yang berkunci. Pengendalian seperti ini membantu memberikan jaminan bahwa media penyimpanan yang dapat diambil tidak hilang, salah letak, atau diberikan kepada personal yang tidak semestinya. Pengendalian fisik terhadap media penyimpanan yang tidak dapat diambil kemungkinan paling baik dilakukan dengan alat pengunci.

Tergantung dari sifat arsip data dan program, perlu dilakukan penyimpanan semestinya terhadap diskette, cartridge, dan hard disk yang terkini di dalam countainer yang anti api, baik di tempat kerja, di luar tempat kerja atau keduanya. Begitu juga terhadap perangkat lunak sistem operasi dan utilitas serta backup copy of hard disk

Sumber :Standar Profesional Akuntan Publik



Tidak ada komentar: