Jumat, 29 Maret 2019

Kontrol Output

Kontrol output menentukan akurasi dan kewajaran informasi yang diproses. Kontrol output juga meliputi penyimpanan laporan output. Total catatan yang diproses harus sesuai dengan total input catatan. Formulir yang telah diberi nomor terlebih dahulu dapat membantu mengontrol output karena nomor ini dapat dipertanggungjawabkan. Sebagai contoh, nomor formulir cek penggajian dapat diperbandingkan dengan catatan inputnya.

Di dalam beberapa organisasi, tumpukan kertas dicetak untuk setiap siklus dan tumpukan tersebut dibuang dalam waktu tertentu. Jutaan pohon dikabarkan untuk altar laporan cetak. Beberapa organisasi hanya cetak laporan yang harus ditindaklanjuti, sementara laporan yang digunakan untuk pemeriksaan (jejak audit) dicatat dalam media lainnya. Laporan tidakan meliputi jurnal akun baru yang seharusnya ditelaah, daftar piutang yang jatuh tempo, ayat jurnal dan neraca saldo yang akan dilihat hanya jika suatu transaksi harus ditelusuri melalui sistem tersebut. Laporan penelitian dapat disimpan dalam Computer Orgineted Microfiche (COM atau fiche saja), pada disk optik WORM (Write Once, Read Multiple), atau CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory). Media-media adalah sistem penyimpangan yang permanen dan tidak dapat diubah.

  • Microfiche dihasilkan dengan menulis laporan pada layar terminal dan mengambil gambar dari layar tersebut ke dalam film dalam bentuk yang sangat kecil.
  • Disk Optik (WORM dan CD-ROM) secara luas dihubungkan dengan compact disk yang digunakan untuk merekam musik.
Kontrol output juga meliput juga meliputi penanganan yang tepat atas berbagai pengecualian. Ketika data yang valid ditolak. kesalahan tersebut mungkin terletak pada kerusakan mesin atau kesalahan operator. Lembar pengetik konsul, sejenis output, harus dipelihara untuk dapat memperlihatkan alasan mengapa terjadi penolakan data yang valid dan juga mencatat langkah yang dilakukan untuk memperbaiki kesalahan.

Outout sistem harus sesuai dengan standart berikut :
  • Laporan : Laporan ini harus tepat waktu, akurat, dan berarti.
  • Dokumen kerja : Dokumen ini berbentuk cek, saving bonds, pesanan pembelian, dan lain-lain.
  • Dokumen referensi: Dokumen ini digunakan untuk memperlihatkan apa yang terdapat di komputer jika fungsi komputer terganggu.
  • Laporan kesalahan: Walaupun biasanya jumlahnya kecil, hal ini bisa saja rumit dan sulit untuk ditangani.
Sumber : Sawyer's Internal Auditing


Tidak ada komentar: